Friday, November 12, 2010

Google : Kami Tidak Membuat Saingan Facebook

Beberapa bulan silam Google santer dikabarkan tengah menyiapkan jejaring sosial pesaing Facebook bernama Google Me. Kali ini, salah petinggi raksasa internet itu dengan tegas membantahnya.

"Kami tidak sedang mengerjakan sebuah platform  jejaring sosial yang hanya akan menjadi platform jejaring sosial lain diantara jejaring sosial yang sudah ada," kata Head of Mobile Product Development Google, Hugo Barra.

Pernyataan ini terlontar saat menjawab pertanyaan media saat menghadiri Monaco Media Forum. Ditegaskan olehnya, Google tidak membangun sebuah jejaring sosial untuk bersaing dengan Facebook.

"Tentu saja kami berpikir bahwa komunitas sosial merupakan pendukung untuk keberhasilan bagi setiap aplikasi. Pencarian dan iklan mungkin menjadi dua contoh terbaik yang saya sebutkan. Jadi oleh karena itulah kami berpikir mengenai masalah ini," paparnya.

Seperti diketahui, jejaring sosial telah menjadi sesuatu yang booming serta mulai membentuk ulang keseimbangan kekuatan dalam industri web. Facebook yang diluncurkan 2004, menjadi yang paling populer dengan 500 juta pengguna berhasil dirangkulnya.

Chief Executive Google Eric Schmidt pada September silam pernah mengatakan bahwa yang sebenarnya terjadi adalah, Google bertujuan menambah 'lapisan' baru dari jejaring sosial ke situsnya ketimbang memperkenalkan sebuah produk baru yang terlihat mencolok. Namun pernyataannya ini gagal tetap saja untuk meredam spekulasi tentang jejaring sosial Google.

Google sejatinya telah beberapa kali berupaya membuat jejaring sosial. Sebelumnya, Google pernah memiliki jejaring sosial bernama Orkut yang sangat populer di Brazil dan India. Namun selanjutnya Orkut gagal memperluas cakupannya di luar kedua negara itu.

Pun demikian pula halnya yang terjadi pada jejaring sosial berikutnya, Buzz. Pada waktu itu, Buzz tampaknya diciptakan Google untuk menyaingi Twitter. Sayangnya, usaha Google belum bisa dikatakan berhasil. (Detik.com)

No comments:

Post a Comment