Friday, November 26, 2010

Ibu Cerewet, Pola Makan Anak Terganggu

img
Sikap orangtua yang terlalu suka mengatur ketika duduk bersama di meja makan dapat mempengaruhi pola makan anak. Ada yang jadi suka pilih-pilih makanan, ada juga yang malah suka makan berlebihan.

Adanya pengaruh sikap orang tua terhadap pola makan anak telah dibuktikan lewat berbagai penelitian. Salah satunya dilakukan oleh ilmuwan dari University College London terhadap 213 ibu yang memiliki anak usia 7-9 tahun.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Dietetic Association ini mengungkap, anak cenderung suka pilih-pilih makanan ketika ibunya terlalu banyak mengatur. Misalnya harus makan pada jam-jam tertentu, harus mencuci piring sendiri atau harus dikunyah berapa kali sebelum ditelan.

Sementara ketika orangtua terlalu membatasi anaknya saat makan, si anak makan lebih lahap ketika ada kesempatan sehingga rentan mengalami obesitas saat dewasa. Misalnya ketika dilarang makan cokelat, keinginan untuk makan cokelat dilampiaskan dengan makan sebanyak-banyaknya jenis makanan yang tidak dilarang.

"Anak-anak lebih bisa menikmati makanannya ketika orangtua tidak banyak memberinya tekanan," ungkap Jane Wardle dari University College London, seperti dilansir Msnbc, Selasa (23/11/2010).

Namun Wardle tidak ingin buru-buru menyimpulkan bahwa sikap orangtua yang terlalu mengatur adalah pemicu gangguan pola makan pada anak. Sebab bisa saja yang terjadi adalah sebaliknya, sikap orangtua yang semacam itu justru merupakan respons atas pola makan anaknya yang tidak sehat.

Perilaku pilih-pilih makanan dan kecenderungan untuk makan berlebihan merupakan 2 jenis gangguan pola makan yang banyak dijumpai pada anak. Keduanya bisa memicu ketidakseimbangan nutrisi, atau bahkan risiko yang lebih serius seperti gangguan metabolisme.

Sumber : http://www.detikhealth.com/read/2010/11/23/125159/1500132/764/pola-makan-anak-terganggu-ketika-orangtuanya-cerewet

No comments:

Post a Comment