Facebook Justru Mampu 'Hangatkan' Hubungan
Sebuah riset ternyata menemukan hal yang bertentangan dengan kepercayaan umum terkait Facebook. Selama ini jejaring sosial dianggap mampu merusak hubungan pasangan. Namun hal itu dibantah oleh riset terbaru.
Riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of Texas menemukan jika Facebook ternyata tidak melemahkan ikatan pribadi. Riset itu ternyata menemukan jika Facebook malah memperkuat dengan cara yang unik untuk kelompok usia yang berbeda.
"Temuan kami menunjukkan bahwa jejaring sosial tidak menggantikan interaksi tatap muka antara teman-teman, keluarga dan kolega," kata S. Craig Watkins, seorang profesor di bidang radio, TV dan film yang memimpin penelitian tersebut, seperti yang dilansir Reuters, Kamis (25/11/2010).
"Bahkan kami percaya ada bukti yang cukup bahwa media sosial mampu memberikan kesempatan untuk mengungkapkan ekspresi baru untuk persahabatan, keintiman dan masyarakat," tambahnya.
Dalam sudinya, para peneliti menanyakan kepada 900 mahasiswa dan lulusan baru tentang bagaimana dan dengan siapa mereka berinteraksi di Facebook. Lebih dari 60 persen pengguna Facebook mengatakan status update posting merupakan salah satu kegiatan yang paling populer, diikuti oleh 60 persen yang menulis komentar pada profil mereka dan 49 persen yang diposting pesan dan komentar ke teman.
Para peneliti juga menemukan bahwa meskipun tentang jumlah yang sama pria dan wanita menggunakan Facebook, mereka melakukannya dengan cara yang berbeda.
"Ada perbedaan penting orientasi dalam bagaimana menggunakan alat seperti Facebook. Bagi perempuan konten cenderung lebih mesra dan (mereka) secara khusus ingin menggunakannya untuk koneksi," kata Watkins.
"Sedangkan pria lebih fungsional," tambahnya.
Watkins menunjukkan bahwa, misalnya, perempuan lebih mungkin untuk mengirim foto-foto pertemuan sosial dengan teman-teman, sedangkan pria lebih mungkin untuk mengirim gambar dari hobi, atau posting pop politik atau budaya link terkait.

Sumber : http://news.id.msn.com/okezone/sci-tech/article.aspx?cp-documentid=4482057