Saturday, December 18, 2010

Rangking di Kelas Pengaruhi Kualitas Kesehatan

Pendidikan dan kesehatan diketahui sangat berkaitan erat. Tapi ternyata bukan hanya derajat atau tahun pendidikan yang mempengaruhi, karena peringkat seseorang di kelas turut mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang.
img
Sejumlah penelitian menemukan bahwa tidak hanya orang yang memiliki pendidikan tinggi yang bisa menikmati kesehatan dengan baik. Karena dalam laporan terbaru ada fakta menarik bahwa orang dengan peringkat tinggi di dalam kelas memiliki kualitas kesehatan yang baik.

Temuan ini berasal dari Wisconsin Longitudinal Study yang mengikuti lebih dari 10.000 orang lulusan SMA Wisconsin tahun 1957. Diketahui siswa yang memiliki peringkat atas di sekolah lebih sehat dalam beberapa dekade ke depan.

Ketika partisipan ini berusia 60-an tahun diketahui siswa dengan peringkat kuartal teratas memiliki kesehatan yang lebih baik dan hanya sedikit yang melaporkan penyakit kronis seperti diabetes, jantung atau penyakit pernapasan.

"Apa yang kami lihat dalam penelitian ini adalah hubungan antara kesehatan dan prestasi akademis seseorang, semakin bagus prestasi dan peringkatnya di kelas maka ia memiliki kesehatan yang lebih baik," ujar penulis studi Dr Pamela Herd, profesor sosiologi dari University of Wisconsin di Madison, seperti dikutip dari NYTimes, Jumat (17/12/2010).

Hasil dari penelitian ini telah dipublikasikan secara online dalam The Journal of Health and Social Behavior.

Kenapa peringkat atau nilai begitu penting?

"Mereka mengetahui bagaimana cara belajar agar lebih efektif, dan hal ini mempengaruhi hal-hal lain seperti cara meningkatkan kesehatan baik secara medis dan perilakunya," ungkap Dr Herd.

Misalnya tidak terlalu suka merokok, lebih sedikit mengalami obesitas dan lebih aktif secara fisik. Serta jika ia mengembangkan penyakit diabetes, cenderung lebih baik dalam mengelolanya.

Hubungan antara peringkat yang tinggi di kelas dan kesehatan yang baik adalah karena adanya persamaan karakteristik psikologis.

Sumber : http://www.detikhealth.com/read/2010/12/17/103118/1527054/763/peringkat-di-kelas-pengaruhi-kualitas-kesehatan?l991101755

No comments:

Post a Comment