Friday, December 17, 2010

Rahasia Keberhasilan Air Asia

Sstt.. Inilah Rahasia Kesuksesan Air AsiaMahaka Media dan Bank BRI menggelar diskusi bisnis bertajuk 'Mahaka Business Diary, A Business Coach With Tony Fernandes (CEO Air Asia)' di Hotel MidIntercontinental, Jakarta, Jumat (17/12). Dalam diskusi tersebut, CEO Air Asia, Tony Fernandes, membuka sedikit tentang rahasia kesuksesan bisnis penerbangannya.

Tony merupakan pengusaha asal negeri Jiran yang terkenal karena mampu menghadirkan sebuah paradigma baru dalam dunia penerbangan. Tony yang juga memimpin tim Lotus Racing F1 ini membuka sebuah rahasia kalau dia butuh keberanian dalam memulai bisnis usaha penerbangan. Dia harus mendobrak norma bepergian keliling dunia sejak mengambil alih AirAsia di tahun 2001 saat maskapai penerbangan tersebut dilanda kesulitan finansial.

Dalam situasi terhimpit itulah, lanjut Tony, dia memiliki ide dengan berusaha menghadirkan perjalanan udara yang berbeda dengan senantiasa berpegang teguh pada slogan maskapainya: 'Kini Siapapun Bisa Terbang'. "AirAsia menawarkan kursi penerbangan dengan tarif terjangkau, namun produk dan layanannya berkualitas tinggi. Ide-ide kreatif itu lah yang harus terus dikembangan dan jangan dengarkan orang lain yang mungkin membuatmu menjadi ragu dalam melangkah," kata Tony membuka rahasia lainnya dalam berbisnis.

Dengan berani mendobrak tradisi bisnis tradisional dalam penerbangan itulah, lanjut Tony, pihaknya berhasil menarik wisatawan dari seluruh penjuru dunia. "Dalam kurun waktu kurang dari 9 tahun, AirAsia menerbangkan lebih dari 100 juta penumpang, termasuk mereka yang sebelumnya tidak pernah membayangkan dapat bepergian dengan pesawat," pungkas pengusaha yang dikenal dekat dengan Bos Mahaka Media, Erick Thohir, karena turut menjadi pendiri dan bagian dari Asean Basketball League (ABL).

Saat ini, AirAsia tumbuh menjadi maskapai penerbangan hemat biaya terbesar di Asia, serta melebarkan sayapnya di wilayah Asia Tenggara yang terdiri dari 600 juta penduduk. Saat ini AirAsia melayani lebih dari 140 rute di 23 negara, serta memiliki hampir 100 armada dan memperkerjakan sejumlah 8.000 karyawan di seluruh dunia.

 
Sumber : http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/10/12/17/152995-sstt-nilah-rahasia-kesuksesan-air-asia

No comments:

Post a Comment